Rabu, 08 Oktober 2014

Otomatisasi kantor (office automation)


Otomatisasi kantor (office automation)


Pengertian
    Otomatisasi Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.Asal mula otomatisasi kantor diawal1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word processing untuk menjelaskan kegiatan divisi mesintik listriknya. Bukti nyata, pada tahun1964, IBM memasarkan mesinyang disebutMagnetic Tape/SelectricTypewriter (MT/ST) yaitu mesinketikyang dapat mengetik kata-katayang telah direkam dalam pita magnetic secara otomatis. Istilah ini digunakan untuk mensejajarkan kegiatan administrasi yang banyak dilakukan pada pembuatan berbagai dokumen dengan istilah data processing (pengolahan data) yang digunakan pada kegiatan penyusunan informasi.

      Otomatisasi adalah penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia, Sedangkan Otomatisasi kantor( office automation atau OA) adalah semua system elektronikformal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang beradadi dalam maupun diluar perusahaan.


Tujuan dari office automation ialah :
  • Membantu kegiatan sekertariat dan karyawan administrasi
  • Menaikkan produktifitas
  • Membantu memfasilitasi komunikasi formal dan informal atar karyawan di dalam dan di luar organisasi
  • Mengurangi penghentian kerja
  • Pengurangan biaya peralatan
JENIS - JENIS APLIKASI DAN CONTOH APLIKASI OTOMATISASI KANTOR :
  1. WORD PROCESSING (OpenOffice.org Writer) 
  2. ELECTRONIK MAIL (Gmail,Yahoo, dll)
  3. VOICE MAIL (Voice Connector )
  4. ELECTRONIC CALENDARING
  5. AUDIO CONFERENCING (FireWire)
  6. VIDEO CONFERENCING
  7. COMPUTER CONFERENCING (AUDIO CONFERENCING)
  8. FACSIMILE TRANSMISSION 
  9. VIDEOTEXT
  10. IMAGE STORAGE AND RETRIEVAL (photobucket)
  11. DESKTOP PUBLISHING (Microsoft Publisher)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar